$...WeLcOmE To MY BLog PlEaSe TaKe A CoMeNt...$

Senin, 02 Februari 2009

Evolusi Dunia Marketing Dengan Pengaplikasian Digital Media

Perkembangan teknologi komunikasi tidak hanya memberikan pengaruh yang besar terhadap media massa, namun juga berpengaruh pada bidang lain, salah satunya bagian bidang pemasaran (public relations/advertising) yang paling memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi.

Saat ini seorang humas professional menggunakan berbagai teknologi yang memudahkan pekerjaan mereka untuk membina citra perusahaan dan menjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan masyarakat dan media massa. Sejak tahun 1990, press release, pitch letters, & press kits merupakan media yang kerap digunakan seorang humas professional. Ketiga media ini melengkapi fungsinya satu sama lain.

Perkembangan teknologi komunikasi telah memunculkan tren baru dalam bidang kehumasan sebagai bagian dari komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication). Dengan banyaknya inovasi teknologi, peluang para praktisi humas untuk mengoptimalisasi hasil kerja mereka terbuka lebar- lebar. Tren yang sekarang ini marak digunakan oleh praktisi humas di antaranya adalah Video News Release (VNR) yang merupakan evolusi dari press release. VNR merupakan program berita yang siap disiarkan pada program berita.

Pada era digital masa kini, pekerjaan seorang humas bisa dilakukan behind the desk dalam ruangan kantor tanpa harus melakukan mobilitas tinggi. Saat ini, konferensi pers tidak harus dilakukan di satu tempat dan mengundang wartawan dari berbagai media pada satu tempat karena sudah ada teknologi webcast. Dengan webcast, para wartawan hanya tinggal duduk di depan monitor komputer yang telah terkoneksi dengan sambungan webcast. Jika diperlukan kembali untuk tujuan tertentu, webcast dapat diputar kembali sesuai dengan permintaan.

Melalui satellite media tour (SMT), seorang humas dapat diwawancarai secara langsung di setiap tempat yang diinginkan. SMT telah mengalami perkembangan ke dunia maya dengan adanya E-SMT yang menggunakan internet sebagai media salurannya. Seorang humas juga dapat memberikan informasi interaktif lewat e-mail sebagai bentuk interactive news release.

Evolusi media humas memang telah mengarah pada tingkat lanjut. Press kits kini telah berevolusi menjadi electronics press kits. Kritik terhadap pekerja humas dapat dilakukan secara cepat dan actual melalui Web logs atau blogs. Kampanye perusahaan kini dapat dilakukan secara online melalui izin dari online advocacy system. Tugas seorang humas pun menjadi semakin mudah dengan adanya online media database dan online tracking and monitoring system.

Seiring dengan munculnya media- media baru seperti internet membawa dunia periklanan ke satu tahap yang lebih lanjut seperti dengan adanya advertising on blogs, buttons, dan intermercials. Internet kini bukan hanya sebagai media untuk meraih target market secara luas namun juga untuk memperluas efektivitas dari media - media yang sudah ada.

Viral marketing merupakan perkembangan periklanan yang melibatkan internet sebagai medianya. Para marketer melakukan pendekatan terhadap audience dengan melakukan chatting di chatroom atau message board. Dengan menggunakan banner pada internet, tingkat awareness audience terhadap promosi produk dapat meningkat karena saat mereka mengklik banner tersebut, mereka akan langsung terbawa ke situs yang memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan. Pembeli potensial yang tertarik terhadap produk yang ditawarkan juga dapat membeli produk tersebut via online dengan memanfaatkan e-commerce.

Digital Video Recorder (DVR) memberikan kendali yang besar kepada penonton terhadap apa yang mereka tonton di televisi, seperti menonton program tanpa diganggu iklan. Melihat adanya fenomena tersebut, praktisi periklanan menggunakan metode terbaru untuk mengiklankan produknya dengan menggunakan iklan secara terselubung di dalam program. Jadi selama program disiarkan produk yang diiklankan diyampilkan dalam acara tersebut sehingga masih dapat dilihat audience. Misalnya saat kita menonton Supersoulmate di Indosiar, kita kerap melihat produk Permen Tolak Angin di meja juri.

Digital imaging technology yang terus berkembang dengan pesat juga memberikan kemudahan kepada para praktisi periklanan untuk menciptakan iklan yang semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian dan diingat oleh para audience.

0 komentar:

Posting Komentar